Penanganan tepat pada diare anak

0
768
obat pencegah diare anak
obat pencegah diare anak

Penyakit diare anak pasti akan mengganggu keseimbangan normal pada air dan garam atau elektrolit pada anak. Saat air dan garam dalam tubuh berkurang hal tersebut dikarenakan diare yang menyerang tubuh dan anak akan mengalami dehidrasi. Untuk itu diperlukans egere pengganti dari air dan garam yang telah hilang dari dalam tubuh tersebut. Berikut adalah tanda – tanda anak mengalami dehidrasi :

  • Anak akan menjadi sering buang air kecil
  • Anak menjadi rewel
  • Mulutnya kering
  • Lesu dan menjadi lebih sering mnegantuk
  • Kulitnya tidak elastis

Apabil terdapat tanda – tanda seperti diatan segeralah untuk melakukan pengobatan ke dokter. Biasanya dokter tidak akan memberikan obat anti diare kepada anakm akan tetapi dokter akan memberikan resep antibiotik atau obat anti parasit apabila diare tersebut diketahui karena disebabkan oleh infeksi kuman, bakteri, parasit maupun virus.

Dokter mungkin akan menyarankan anda untuk memberikan cairan dehidrasi atau cairan pengembali seperti oralit. Anda dapt membeli oralit di apotik. Dengan cairan yang mengandung air dan garam maka dapat mencegah dan mengobati dehidrasi. Apabila diare anak terjadi lebih dari 3 hari meskipun anak tidak menunjukan gejala – gejala dehidrasi atau gejala yang berbahaya lainnya untuk segera anda bawa ke dokter.

Apabila anak anda selama ini mendapatkan makanan padat, dokter akan merekomendasikan makanan bertepung seperti sereal beras, pisang dan saus apel hingga diare sembuh. Anak yang sedang mengalami diare sebeiknya menghindarai makanan – makanan yang banyak mengandung minyak, makanan yang memiliki serat tinggi, susu formula, keju dan berbagai macam jenis kue. Penyebab diare juga dapat disebbakan oleh infeksi bakteri dan kuman yang sangat mudah untuk menular. Untuk itu sebagai langkah pencegahan sebiaknya anda membiasakan anak anda untuk mencuci tangannya sebelum mereka mengkonsumsi makanan. Tidak hanya dengan air saja, perlunya menggunakan sabun saat mencuci tangan agar bakteri dan kuman yang menempel pada tangan segera menghilang. Disarankan untuk menggunakan sabun lifebuoy cair ketika mencuci tangan yang sangat efektif dalam membersihkan bakteri dan kuman.