Membuat Bubur Bayi Sehat Sederhana

0
117
bubur bayi sehat
bubur bayi sehat

Asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak sangat penting untuk diperhatikan. Terutama ketika anak masih memasuki masa MPASI. Takaran gizi yang disajikan kepada anak haruslah sesuai dengan kebutuhan anak supaya bisa tumbuh dengan optimal. Juga upaya untuk menghindari stunting.

Selain itu, rotasi makanan juga sangat penting supaya anak mengenal berbagai jenis rasa makanan. Namun, yang harus diperhatikan adalah tekstur makanan anak. Olahan bubur bayi sehat merupakan pilihan yang tepat untuk makanan anak.

Cara Membuat Bubur Sehat Dan Praktis

bubur bayi sehat
bubur bayi sehat

Berikut ini merupakan beberapa cara membuat bubur sehat dan praktis. Pertama, pilihlah salah satu jenis bahan dasar yang utama. Pilih jenis bahan makanan yang mempunyai tekstur lembut sehingga dapat mudah dicerna anak. Buah menjadi salah satu pilihan yang baik untuk membuat bubur bagi anak usia 6 bulan. Bisa dengan mulai mengenalkan dari buah pisang, buah naga, dan alpukat.

Kedua, campur bahan pelengkap supaya bubur lebih kaya citrarasa. Setelah memilih bahan dasar bubur bayi sehat, ibu bisa mencampurnya dengan bahan tambahan. Misal seperti bahan utama yang dipilih adalah pisang, ibu bisa mencampurinya dengan alpukat. Sedang bila ibu menggunakan bahan dasar utama sayuran, sebaiknya juga dicampur dengan sayuran.

Ketiga, tambahkan penambah rasa supaya tidak hambar. Namun yang perlu diingat adalah sebaiknya menggunakan bahan-bahan penambah rasa yang alami. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk bubur anak seperti kayu manis, jintan, serta rempah lain. keempat ialah blender bahan supaya tekstur lebih halus. Dengan blender, diharapkan bubur yang dihasilkan mempunyai tekstur yang mudah dicerna. Kelima, sajikan bubur secara langsung lalu bubur selesai dimasak dan sudah mendapatkan tekstur yang tepat, sebaiknya ibu langsung menyajikannya kepada si anak.

Orangtua menginginkan asupan gizi yang baik untuk anak, oleh karena itu orangtua dengan maksimal membuat bubur bayi sehat. Seperti memilih bahan dasar utama bubur, lalu mencampurnya dengan bahan pelengkap, tambahkan perasa, blender, dan sajikan langsung ketika bubur masih segar.