Cara Memilih Botol Susu Bayi yang Aman

0
32
Botol susu bayi

Berbagai model botol susu dan dot semakin mudah ditemui di pasaran. Botol susu bayi memang dirancang sedemikian rupa agar memudahkan bayi minum susu dari botol. Memilih botol susu yang aman untuk Si Kecil memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Saat Si Kecil merasa tidak nyaman menyusu dari botol tertentu, biasanya ia akan enggan untuk menghabiskan susu tersebut.  Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut saat memilih botol susu yang tepat untuk Si Kecil: 

Botol susu bayi
Botol susu bayi
  • Bebas dari BPA

Saat Anda ingin membeli botol susu plastik, maka perhatikan label “BPA- free” pada botol. Hal tersebut dilakukan agar botol  yang digunakan benar – benar bebas dari bahan kimia berbahaya.

  • Ketahui Kode Botol yang Aman

Selain itu, Anda juga harus lebih cermat dalam membaca kode berupa nomor maupun huruf yang menentukan jenis bahan plastik yang digunakan. Pilih botol maupun wadah bernomor 2 yang berarti terbuat dari bahan high-density polyethylene (HDPE), nomor 4 dari bahan low-density polyethylene (LDPE), atau nomor 5 yang terbuat dari bahan polypropylene (PP). Nomor – nomor tersebut menunjukkan bahwa botol tersebut aman untuk digunakan.

  • Kenali Berbagai Jenis Botol Susu

Ada berbagai macam jenis botol susu bayi. Mengetahui jenis, bentuk, dan ukuran botol sangat penting dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Berikut beberapa jenis botol susu bayi yang bisa jadi pertimbangan untuk Anda, botol susu bayi biasa, botol susu bayi anti kolik, botol susu bayi dengan leher lebar.

  • Menyesuaikan Ukuran Botol Susu dengan Usia Bayi

Anda juga perlu menyesuaikan ukuran serta puting dot dengan usia bayi. Hal ini bertujuan supaya Si Kecil bisa menyusu dengan nyaman. Untuk bayi baru lahir, biasanya botol akan didesain dengan menggunakan sistem aliran susu khusus untuk menghindari bayi tersedak. Disamping itu, botol susu untuk bayi baru lahir juga didesain dengan aliran lambat agar susu tidak menetes keluar dari mulut dan supaya Si Kecil tidak menelan banyak udara ketika menyusu.

Saat usianya semakin bertambah, maka pelan-pelan ia dapat menggunakan botol susu dengan aliran yang lebih cepat. Pada umumnya, memilih botol susu bisa disesuaikan dengan usia yaitu 0-3 bulan ukuran S, 3-6 ukuran M, dan juga 6 bulan ke atas menggunakan ukuran L. Lubang yang terdapat di dalam dot yang berguna untuk mengatur aliran susu lah yang mendasari dibuatnya perbedaan ukuran tersebut.

Selain itu, jika dilihat dari ukuran botol, ada botol yang memiliki ukuran kecil dengan daya tampung susu yang tidak begitu banyak. Jenis botol susu seperti ini pada umumnya dikhususkan untuk bayi baru lahir. Ketika usia bayi semakin bertambah, Anda dapat memberikannya botol susu yang memiliki ukuran lebih besar. Sebenarnya pemilihan ukuran botol susu menjadi keputusan pribadi tergantung dari kebutuhan Anda dan juga Si Kecil. 

Jika Anda ingin memiliki botol susu bayi yang aman dan berkualitas, maka MAKUKU menyediakan berbagai pilihan botol susu untuk bayi Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan bahan-bahan yang digunakan. Tidak ada kandungan bahan kimia  berbahaya dalam botol susu ini. Semua MAKUKU botol bayi sehat dan juga aman untuk digunakan. Salah satu botol yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Hegen Feeding Bottle PPSU with Fast Flow. Botol susu serbaguna ini hadir dengan berbagai pilihan dot. Anda dapat menyesuaikan dengan asupan bayi dari waktu ke waktu.